Sehatkan Hidup Anda - Mengulas Seputar Kesehatan

Pepatah

Ribuan hari dengan tubuh sehat selalu membuat manusia melupakan pentingnya kesehatan. Dan satu satu hari dengan penyakit, selalu mampu membuat manusia tersadar.

Yakinlah cepat sembuh

Emosi anda saat terkena penyakit sangat menentukan kecepatan sembuh anda. Jika anda penuh semangat sembuh saat sakit, maka sakit tersebut tidak akan bertahan lama.

Penyebab Sakit Perut

sumber gambar
BuletinsehatSakit perut yang terjadi pada kebanyakan orang dapat disebabkan oleh banyak hal. Yang paling umum terjadi, sakit pada perut disebabkan oleh gangguan lambung yang beragam. Seperti sakit maag yang memang menjadi salah satu gangguan lambung yang paling banyak diderita oleh masyarakat.
Sakit maag disebabkan oleh asam lambung yang meningkat yang menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada perut dan ulu hati. Hal ini bisa disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur, stress, dan bisa juga disebabkan oleh jenis makanan atau minuman yang dikonsumsi. Contohnya seperti mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, terlalu asam dan jenis makanan tertentu yang tidak aman untuk kesehatan lambung.
Gangguan sakit maag ini memang akan dirasa cukup mengganggu para penderitanya. Namun, beberapa obat pereda asam lambung dan obat seperti magasida, dipercaya mampu meredakan gangguan ini dalam waktu yang singkat. Meskipun demikian, gangguan maag ini sedianya dapat dihindari dengan menjaga pola makan yang teratur dengan menu yang sehat dan seimbang. Tidak menyakiti lambung dengan mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, asam dan semacamnya.
Selain maag, sakit perut juga bisa disebabkan oleh keram otot perut yang dapat dirasakan ketika seseorang terlalu banyak bergerak atau beraktifitas. Biasanya dirasakan oleh mereka yang berenang dalam waktu lama dan melakukan aktifitas sejenis yang mengandalkan kerja dari otot perut.
Sakit perut juga menjadi gejala pada beberapa penyakit serius seperti batu ginjal, usus buntu, serta beberapa penyakit serius lainnya. Diare juga menimbulkan gejala sakit perut yang sangat mengganggu. Bahkan jika tidak dilakukan penanganan yang cepat dan tepat, dapat memicu dampak lain yang membahayakan penderita.
Untuk hal ini, sebaiknya pemeriksaan dilakukan oleh tenaga medis yang memang dapat memberikan diagnosa akurat mengenai penyebab dari sakit perut yang dirasakan oleh penderita. Apakah disebabkan oleh sakit maag, diare, usus buntu, ginjal, atau memang terjadi gangguan lain yang menyebabkan bagian perut penderita terasa sakit.
Menjaga memang jauh lebih baik daripada mengobati. Sebab jika sudah terasa dampak dari gangguan yang terjadi, penderita tentu akan merasa terganggu. Menjaga pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan dengan teratur, banyak mengonsumsi air mineral, serta menjaga konsumsi makanan sehat yang tidak membahayakan lambung, tentu dapat membantu Anda untuk terhindar dari sakit perut. Hindari makanan tidak sehat yang mengandung banyak lemak dan tidak higienis. Sebab kebersihan dan kesehatan adalah poin penting dalam menjaga pola hidup sehat.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Penyebab Sakit Perut"

Back To Top