Sehatkan Hidup Anda - Mengulas Seputar Kesehatan

Pepatah

Ribuan hari dengan tubuh sehat selalu membuat manusia melupakan pentingnya kesehatan. Dan satu satu hari dengan penyakit, selalu mampu membuat manusia tersadar.

Yakinlah cepat sembuh

Emosi anda saat terkena penyakit sangat menentukan kecepatan sembuh anda. Jika anda penuh semangat sembuh saat sakit, maka sakit tersebut tidak akan bertahan lama.

Perlukah Menggunakan Alat Kontrasepsi Sebagai Pengatur Jarak Kehamilan Jika Belum Saja Menstruasi Setelah Melahirkan

ilustrasi gambar
Buletinsehat.com - Melahirkan adalah kodrat wanita. Memberikan ASI pascaproses persalinan belum saja menstruasi setelah melahirkan?
merupakan sebuah kebahagiaan. Namun jika kodrat lain wanita untuk mengalami menstruasi mengalami gangguan pascamelahirkan apakah sedang terjadi kelainan? Jika ingin menunda kehamilan berikutnya perlukah mengenakan alat kontrasepsi yang aman? Dan bagaimana menjawab pertanyaan jika 
Gangguan Siklus Menstruasi Pascakehamilan
Keluhan yang paling sering diderita ibu pascapersalinan adalah susah buang air besar dan menstruasi tak kunjung datang. Ditinjau secara medis menstruasi yang berhenti setelah melahirkan bisa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu aktivitas menyusui yang berkaitan dengan kondisi hormon dalam tubuh, berat badan selama kehamilan dan setelah melahirkan, kondisi kesehatan alat reproduksi dan kondisi psikologis.
Aktivitas menyusui secara otomatis meningkatkan kadar hormone prolaktin. Hormone yang bertugas merangsang produksi ASI ini menyebabkan penurunan kadar progesterone dan estrogen sehingga ovulasi terhambat dan menstruasi terlambat.
Malnutrisi dan obesitas adalah masalah yang bisa dialami ibu selama masa kehamilan dan setelah melahirkan. Terlalu kurus sehingga terjadi malnutrisi maupun terlalu gemuk dan menyebabkan obesitas dapat menyebabkan gangguan siklus menstruasi pascamelahirkan.
Organ reproduksi akan mengalami perubahan setelah proses kehamilan dan melahirkan. Jika tidak menyusui secara aktif dan berat badan tergolong normal pascamelahirkan namun menstruasi tak kunjung datang kemungkinan ada kelainan pada organ reproduksi.
Ibu yang kondisi fisik dan psikologisnya terlalu lelah pascamelahirkan dapat mengalami berbagai gangguan kesehatan. Stress dan kelelahan fisik bisa berpengaruh pada metabolisme tubuh termasuk gangguan siklus menstruasi.
Perlukah Mengenakan Alat Kontrasepsi Meski Belum Saja Menstruasi Setelah Melahirkan?
Lazimnya ayah bunda yang baru memiliki bayi berniat mengatur jarak kelahiran berikutnya. Mengenakan alat kontrasepsi adalah salah satu cara menunda kehamilan. Namun jika menstruasi tidak terjadi setelah nifas selesai hingga berbulan-bulan berikutnya apakah perlu menggunakan alat kontrasepsi?
Salah satu faktor penyebab berhentinya menstruasi pascamelahirkan adalah tingginya kadar prolaktin. Hormon ini mampu menekan hormon yang berperan dalam ovulasi. Biasanya ovulasi akan terhenti ketika ibu menyusui secara aktif. Salah satu tandanya adalah tidak terjadi menstruasi.
Namun ada sebagian wanita yang ternyata bisa hamil meski belum saja menstruasi setelah melahirkan. Hal ini mungkin terjadi karena sebenarnya ovulasi tetap terjadi meski sel ovum yang dihasilkan tidak sebanyak biasanya. Ketika bertemu sperma maka terjadilah kehamilan. Dianjurkan tetap mengenakan alat kontrasepsi pascamelahirkan jika ingin mengatur jarak kehamilan.

Share :

Facebook Twitter Google+
1 Komentar untuk "Perlukah Menggunakan Alat Kontrasepsi Sebagai Pengatur Jarak Kehamilan Jika Belum Saja Menstruasi Setelah Melahirkan"

Tips Mencegah Kanker Rahim Dengan Kubis Secara Alami Tips mencegah kanker rahim dengan kubis secara alami bisa Anda coba terapkan, dengan cara memasukan bahan tanaman kubis ke dalam makanan sehari hari Anda serta mengolah bahan kubis dengan cara yang benar sehingga kandungan yang terdapat pada tanaman kubis tidak hilang.

Back To Top