Sehatkan Hidup Anda - Mengulas Seputar Kesehatan

Pepatah

Ribuan hari dengan tubuh sehat selalu membuat manusia melupakan pentingnya kesehatan. Dan satu satu hari dengan penyakit, selalu mampu membuat manusia tersadar.

Yakinlah cepat sembuh

Emosi anda saat terkena penyakit sangat menentukan kecepatan sembuh anda. Jika anda penuh semangat sembuh saat sakit, maka sakit tersebut tidak akan bertahan lama.

Penyebab Nyeri Pada Payudara

sumber gambar
Sakit nyeri di payudara pada umumnya sudah dialami oleh banyak wanita. Kebanyakan dari mereka lantas merasakan kepanikan saat mendapati rasa nyeri yang berasal dari payudara mereka. Sebab, kebanyakan kasus menghubungkan nyeri pada payudara dengan gangguan atau penyakit kanker payudara.
Namun, sebenarnya penyebab dari rasa sakit nyeri di payudara tersebut bisa berasal dari beberapa hal. Bukan hanya karena kanker payudara. Bahkan di antara penyebab tersebut, akan sembuh dan hilang dengan sendirinya meskipun tanpa penanganan yang serius. Beberapa penyebab yang mungkin terjadi tersebut di antaranya adalah karena kurangnya asupan air atau cairan yang dibutuhkan tubuh.
Keadaan ini biasa dikenal dengan retensi air. Sakit nyeri di payudara yang dikarenakan oleh penyebab ini biasanya terjadi pada masa menstruasi wanita. Oleh karenanya, diharapkan para wanita untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan banyak mengonsumsinya agar mekanisme tubuh menjadi lancar dan tidak menjadi timbulnya beberapa gangguan lain.
Perkembangan payudara bagi wanita yang berada pada fase pubertas memang menimbulkan rasa nyeri yang tidak seperti biasanya. Terkadang hal ini pun mengundang kepanikan sebab takut terjadi gangguan yang serius. Namun nyeri yang disebabkan oleh kedua hal di atas sedianya dapat menghilang dengan sendirinya. Bahkan jika tidak ditangani dengan pengobatan sekalipun. Sebab hal itu merupakan hal yang wajar terjadi pada diri seorang wanita.
Selanjutnya adalah penyebab yang sudah menjurus ke gangguan yang lebih serius dan membutuhkan pemeriksaan dan penanganan dari ahlinya. Adalah herpes, penyakit yang bisa menyerang bagian tubuh mana saja. Bisa terjadi pada leher, perut, hingga pada payudara. Untuk mengetahui nyeri tersebut disebabkan oleh herpes atau tidak, penderita harus berkonsultasi dengan dokter agar dapat diperoleh keterangan yang lebih akurat. Penyebab serius lainnya adalah kista yang terjadi pada kantung payudara.
Hal ini bisa ditandai dengan terdapatnya benjolan kecil berisi cairan pada payudara. Keadaan ini dapat terjadi karena wanita berada pada situai stress yang tinggi. Benjolan itulah yang kemudian menjadi alasan timbulnya rasasakit nyeri di payudara yang sangat mengganggu. Peradangan pada payudara juga bisa menjadi penyebab yang umum terjadi.
Tidak hanya pada payudara, peradangan yang terjadi di bagian tulang dadapun bisa terasa sampai ke payudara. Oleh karenanya sebelum menyimpulkan sendiri jenis penyebab dari sakit nyeri di payudara Anda, sebaiknya lakukan pemeriksaan. Sebab jika dari semua penyebab yang tersebut di atas tidak mengandung penyebab yang membuat payudara Anda terasa nyeri, maka perlu diwaspadai pula terjadinya kanker payudara.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Penyebab Nyeri Pada Payudara"

Back To Top