Sehatkan Hidup Anda - Mengulas Seputar Kesehatan

Pepatah

Ribuan hari dengan tubuh sehat selalu membuat manusia melupakan pentingnya kesehatan. Dan satu satu hari dengan penyakit, selalu mampu membuat manusia tersadar.

Yakinlah cepat sembuh

Emosi anda saat terkena penyakit sangat menentukan kecepatan sembuh anda. Jika anda penuh semangat sembuh saat sakit, maka sakit tersebut tidak akan bertahan lama.

Penyebab Mata Merah

sumber gambar
BuletinsehatSakit mata merah tentu dapat menjadi gangguan yang cukup membuat penderitanya panik. Seperti yang diketahui bahwa mata merupakan salah satu organ vital yang sangat menunjang aktifitas manusia. Jika terjadi gangguan pada mata, sekecil atau seringan apapun, pasti akan memberikan dampak bagi kelangsungan aktifitas tersebut.
Konjungtivitis atau sakit mata merah adalah jenis gangguan pada mata yang paling sering terjadi. Sebabnya cukup beragam. Dan umumnya terjadi karena disebabkan oleh iritasi. Yang paling umum terjadi adalah mata merah disebabkan iritasi karena paparan debu. Gangguan ini biasanya terjadi hanya dalam waktu singkat.
Ketika debu menyentuh selaput mata dan menjadi kotoran yang membuat mata terasa perih hingga berwarna merah. Jika gangguan ini terjadi, penderita diharapkan untuk tidak mengucek mata. Sebab akan membuat mata semakin merah dan semakin teriritasi oleh debu yang masuk ke mata tadi.
Memang akan muncul rasa gatal yang memicu penderita untuk mengucek mata. Sebaiknya bersihkan mata dengan menggunakan obat tetes mataringan untuk mengatasi hal ini agar tidak berlanjut pada gangguan yang lebih serius.
Ada juga sakit mata merah yang disebabkan oleh alergi yang biasanya bergejala seperti timbulnya rasa gatal, mata menjadi berair, ada sensasi rasa panas pada mata dan terkadang juga menjadi peka dan silau terhadap cahaya. Alergi ini bisa timbul karena beragam pemicu alergen. Seperti bulu hewan, serbuk sari dari tanaman musiman, juga beberapa jenis debu.
Biasanya, alergi pada mata ini juga bisa disertai dengan alergi pada bagian tubuh lain. Seperti bersin, tenggorokan gatal, dan juga rasa gatal pada hidung. Untuk kasus ini, mengompres dengan menggunakan air dingin, bisa meredakannya.
Sakit mata merah juga bisa disebabkan oleh infeksi yang bisa saja disertai dengan pembengkakan pada bagian kelopak mata, mata berair, serta meningkatknya produksi kotoran pada mata. Infeksi ini bisa disebabkan oleh virus, jamur dan juga bakteri. Perlu diwaspadai sebab infeksi mata ini bisa menular kepada orang lain. Karenanya, penanganan yang cepat dan akurat dibutuhkan agar gangguan ini tidak berlarut dan memperparah sakit yang diderita.
Selain sebab-sebab yang tergolong ringan yang telah disebutkan di atas, ada pula jenis gangguan sakit mata merah yang lebih serius karena terdapatnya jenis penyakit yang menjadi penyebabnya. Seperti penyakit rheumatoid arthritis dan lupus. Juga penyakit glaukoma. Penyakit jenis ini memungkinkan salah satu gejalanya adalah mata merah. Tidak sekedar merah, bahkan penyakit ini juga membuat penglihatan menjadi buram disertai dengan sakit kepala dan mual muntah.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Penyebab Mata Merah"

Back To Top