Sehatkan Hidup Anda - Mengulas Seputar Kesehatan

Pepatah

Ribuan hari dengan tubuh sehat selalu membuat manusia melupakan pentingnya kesehatan. Dan satu satu hari dengan penyakit, selalu mampu membuat manusia tersadar.

Yakinlah cepat sembuh

Emosi anda saat terkena penyakit sangat menentukan kecepatan sembuh anda. Jika anda penuh semangat sembuh saat sakit, maka sakit tersebut tidak akan bertahan lama.

Penyebab Rasa Sakit Saat Menelan

sumber gambar
buletinsehatSakit waktu menelan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Hal ini dikarenakan dalam menelan, ada beberapa organ tubuh yang bersinggungan langsung dengan makanan atau minuman yang ditelan. Seperti amandel, kerongkongan, dan tenggorokan. Rasa sakit yang timbul mungkin disebabkan oleh gangguan yang terjadi pada salah satu dari organ tersebut. Oleh karena itu, apabila mulai terasa sakit ketika menelan sesuatu, cobalah untuk mendeteksi terlebih dahulu di bagian mana yang terasa sakit.
Jika sakit terasa di bagian amandel, mungkin ini merupakan pertanda terjadinya radang atau infeksi pada amandel. Penderita dapat mendeteksi kemungkinan tersebut dengan melihat dua kelenjar mulut bagian dalam yang menjurus pada rongga kerongkongan. Jika kedua kelenjar tersebut mengalami pembengkakan, memerah, serta terdapat bintik-bintik putih, mungkin saja benar terjadi radang. Sebab, gejala radang amandel salah satunya adalah rasa sakit yang timbul ketika menelan.
Namun, jika tanda-tanda tersebut tidak ditemukan pada amandel penderita, maka kemungkinan yang kedua adalah gangguan yang terjadi pada kerongkongan. Mungkin saja ada makanan atau duri yang tersangkut hingga menimbulkan luka. Yang akhirnya menimbulkan rasa sakit ketika dilewati makanan atau minuman. Bisa juga disebabkan oleh radang atau infeksi pada tenggorokan yang memang secara kasat mata tidak dapat dideteksi. Penderita harus memeriksakan keadaannya pada tenaga medis yang dapat memberikan penanganan pada gangguan ini.
Untuk tahap penanganan awal, terlepas dari gejala gangguan sakit waktu menelan apapun yang mungkin terjadi, penderita dianjurkan untuk banyak mengonsumsi air mineral. Bukan hanya untuk melancarkan jalur makanan dan minuman, melainkan juga sebagai penambah cairan tubuh agar tidak terjadi dehidrasi yang malah dapat memperburuk keadaan penderita.
Pemeriksaan yang tepat oleh tenaga medis, akan menghasilkan diagnosa yang sesuai. Hal ini tentu dapat mempermudah penanganan yang tepat dan akurat. Sedini mungkin setelah mendapatkan gejala sakit ketika menelan, segeralah periksakan diri ke tenaga medis. Agar penangananpun bisa cepat dilakukan.
Serta memperkecil kemungkinan terjadinya komplikasi yang mengiringi gejala tersebut. Sakit waktu menelan tentu membuat penderitanya akan sulit mendapatkan asupan makanan dan minuman yang dibutuhkan oleh tubuh. Karenanya jika tidak segera ditangani, kondisi penderita dapat semakin menurun.
Mengonsumsi perasan air lemon dicampur dengan madu dan air hangat, dapat pula dijadikan alternatif penanganan awal untuk meredakan sakit waktu menelan.  Jika dengan banyak mengonsumsi air mineral dan mengonsumsi campuran air lemon dan madu hangat sakit berkurang, maka penanganannya tidak perlu dilanjutkan ke tahap yang lebih serius.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Penyebab Rasa Sakit Saat Menelan"

Back To Top